Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Tempat Wisata Favorit Di Indonesia

Ini Dia Tempat Wisata Favorit Di Indonesia - Berlibur menjadi kebutuhan tersendiri untuk melepas penat dari stres pekerjaan dan kesibukan yang tiada habisnya. Menentukan destinasi wisata tentu menjadi hal yang penting sebelum pergi berlibur. Tak perlu mencari ke luar negeri, Indonesia punya ribuan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Kalau mau ke pantai, gunung, hutan, laut, hingga wisata budaya tinggal pilih mau kemana.



Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan tempat wisata alam yang dikelola secara resmi oleh pemerintah. Bali mungkin adalah tujuan wisata alam dan budaya yang paling terkenal di Indonesia. Namun nyatanya, tempat wisata yang memiliki keindahan alam ini tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tidak hanya keindahan alam yang ditawarkan. Setiap tempat wisata memiliki kearifan lokal tersendiri yang berbeda satu sama lain.

Pesona destinasi wisata Indonesia tidak akan pernah habis untuk diulas. Keanekaragaman budaya dan berbagai keindahan alam yang dihadirkan seolah tak pernah punah. Traveling sepertinya sudah menjadi hobi bagi anak muda masa kini. Namun berwisata belum lengkap sebelum mengunjungi destinasi wisata berikut ini. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang beberapa tempat Wisata Favorit Di Indonesia.

Candi Borobudur

Ini adalah candi yang pernah masuk sebagai salah satu keajaiban dunia. Candi Borobudur bahkan telah ditetapkan oleh Unesco sebagai salah satu warisan budaya dunia dan masih menarik untuk dikunjungi. Bangunan dengan luas 123x123 meter persegi ini terdiri dari 504 arca, 72 stupa, dan 1 stupa induk besar.

Lokasi Candi Borobudur berada di kota Magelang, Jawa Tengah, 40 kilometer dari Yogyakarta. Tiket masuk Candi Borobudur sangat terjangkau, hanya Rp. 20 ribu untuk anak usia 3 hingga 10 tahun dan Rp. 40 ribu untuk pengunjung berusia 10 tahun ke atas.

Danau Toba

Danau yang terletak di pulau Sumatera ini juga terkenal dengan legendanya yang menjadi cerita rakyat. Danau Toba adalah danau terbesar di Asia dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Keunikan Danau Toba adalah adanya pulau kecil di tengahnya yang bernama Pulau Samosir.

Saat mengunjungi danau ini, Anda juga akan mendengar legenda tentang seorang pria bernama Toba yang menikahi seorang wanita cantik yang berjenis ikan. Konon nama Samosir berasal dari nama seorang anak pasangan tersebut. Danau Toba dapat dicapai dengan menyewa minibus atau kendaraan pribadi.

Bali

Siapa yang tidak kenal dengan surga dunia ini. Ada banyak tempat wisata terkenal di Bali seperti Pantai Kuta yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Miami. Lokasi wisata pantai ini sangat strategis, terletak di dekat Denpasar dan mudah dijangkau. Ada juga tempat wisata alam di kawasan Ubud yang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Denpasar. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya seperti Kintamani dan Danau Bedugul.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan tempat wisata favorit bagi pengunjung domestik maupun mancanegara. Tidak hanya pemandangan matahari terbit yang menjadi daya tarik utama, tetapi juga tempat wisata lain di sekitar Gunung Bromo seperti padang rumput dan Bukit Teletubbies.

Ada 5 view point yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat puncak gunung Bromo, yaitu Sruni Point, Peak B29, Bukit King Kong, Pananjakan 1, dan Bukit Cinta. Kawasan wisata Gunung Bromo dapat dicapai dengan mudah dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Raja Ampat

Tempat wisata ini muncul sebagai primadona baru dari tanah Irian. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melihat keindahan Raja Ampat. Keindahan alam yang ditawarkan memang membuat pengunjung seolah terhipnotis.

Ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Raja Ampat, yaitu Pula Misool, Pulau Wayag, Pulau Salawati, Pulau Pianemo, dan Pulau Kri yang menjadi spot favorit para penyelam. Dana yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan objek wisata Raja Ampat adalah Rp 500 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 1 juta untuk wisatawan asing.

Wakatobi

Wisata alam di Indonesia Timur kini semakin terkenal dengan keindahannya. Seperti Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri merupakan sebuah singkatan dari Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Kabupaten Wakatobi terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Laut Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies karang di dunia. Tempat wisata yang bisa dikunjungi di Wakatobi antara lain Kepulauan Wakatobi, Molii Sahatu, Pulau Anano Runduma, Wisata Pantai Wakatobi Resort, dan situs Benteng Istana Liya Togo.

Kawah Putih

Lokasi wisata Kawah Putih terletak di kawasan Ciwedey, Jawa Barat. Berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 2.400 meter, suhu di Kawah Putih sangat dingin, mencapai 8 derajat Celcius. Karena keindahannya, tempat ini banyak dijadikan lokasi pemotretan prewedding hingga lokasi syuting film.

Kawah Putih dapat ditempuh dari Jakarta dengan melewati Tol Cipularang, kemudian menuju ke Soreang di sebelah selatan Ciwedey. Tiket masuk ke lokasi wisata ini hanya Rp. 15 ribu per orang. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp. 6 ribu menjadi Rp. 150 ribu untuk mobil Rp. 5 ribu sd 35 ribu untuk motor Rp. 25 ribu untuk bus, dan Rp. 13 ribu untuk anting.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo meliputi 3 pulau, yaitu Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pulau Komodo dengan luas total 1.817 km persegi. Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan darat ke Labuan Bajo hanya dalam waktu 3 jam. Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan deretan perbukitan hijau nan indah bak untaian permata.

Siapkan uang Rp 90 ribu sebagai tiket masuk. Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Nasional Komodo adalah menyaksikan komodo langka yang ditemani oleh guide atau ranger, snorkeling dan diving di Pink Beach, dan melihat Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo.

Lombok

Lombok memiliki banyak destinasi wisata baru yang dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Wisata yang bisa dikunjungi di Lombok antara lain Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.700 meter di atas permukaan laut. Ada juga Segara Anak yang menjadi tempat favorit para pendaki gunung untuk bermalam yang memiliki laut biru yang sangat indah.

Pantai Senggigi di Lombok merupakan tujuan wisata yang sangat populer dengan berbagai fasilitas seperti hotel, restoran dan penginapan di sekitarnya. Anda juga tidak boleh melewatkan Bukit Pergasingan yang letaknya dekat dengan Gunung Rinjani.

Flores, NTT

Jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk mampir ke Flores. Pulau ini sangat kental dengan budaya Portugis karena pernah dijajah oleh bangsa tersebut. Beberapa destinasi wisata terkenal di Flores antara lain danau 3 warna Kelimutu. 

Yang pernah muncul dalam mata uang Rp 5.000, Taman Refleksi Bung Karno, Pantai Ria, Pasar Tradisional Ende, Kampung Adat Wolotopo, Museum Tenun Ikat, Kampung Adat Jopu, dan masih banyak lagi. lagi. . Flores dapat dicapai melalui jalur darat dan udara.

Demikian ulasan tentang Ini Dia Tempat Wisata Favorit Di Indonesia semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Tempat Wisata Favorit Di Indonesia"