Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mampir Ke Wisata Kawah Ijen


6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mampir Ke Wisata Kawah Ijen -
Terletak di dua kabupaten yaitu Bondowoso dan Banyuwangi, tepatnya di Cagar Alam Taman Wisata Ijen Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Gunung Ijen merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Timur. Dengan ketinggian 2.443 mdpl dan kedalaman danau 200 m serta luas kawah 5.466 hektar, Kawah Ijen diklaim sebagai salah satu Danau Kawah terbesar di dunia. Berikut 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mampir Ke Wisata Kawah Ijen.

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mampir Ke Wisata Kawah Ijen

Melihat Fenomena Api Biru Yang Hanya Ada Di Ijen

Fenomena api biru ini konon hanya ada di sini. Tak heran, tak hanya traveler yang berkunjung ke sana, tapi juga para ahli geologi dan peneliti, banyak yang mengunjunginya. Setiap saat, banyak wisatawan lokal dan internasional yang penasaran dengan fenomena api biru ini.

Waktu terbaik untuk melihat keindahan api biru yang berkobar adalah di pagi hari. Waktu pendakian dari Pos Paltuding kurang lebih 3 sampai 4 jam. Jika Anda mendaki pada dini hari, Anda tidak hanya akan mendapatkan blue fire, tetapi juga keindahan epik matahari terbit dari puncak Ijen.

Pemandangannya Fantastis

Kawasan Ijen sering ditutup karena kandungan belerang yang terlalu tinggi yang dapat membahayakan para pelancong dan penambang di kawasan tersebut. Kawasan Ijen bisa ditutup sewaktu-waktu bahkan sampai di sana.

Pengelola sangat memperhatikan keselamatan pengunjung dan penambang yang melakukan aktivitas disana. Bahkan ketika Anda memasuki area kawah, asap belerang dengan kadar tinggi bisa datang kepada Anda. Jika tidak kuat, baunya yang menyengat tidak hanya akan membuat Anda batuk dan pusing, tetapi juga pingsan bahkan mati.

Anda Dapat Mencoba Peralatan Keselamatan Yang Bukan Hanya Penutup Hidung

Untuk menghindari asap beracun yang bisa datang sewaktu-waktu, pengunjung disarankan menggunakan masker yang dilengkapi filter udara. Biasanya masker ini bisa Anda sewa di posko atau disediakan oleh pemandu jika Anda menyewa pemandu wisata.

Namun sayangnya, banyak traveler yang tidak mengindahkan penggunaan masker tersebut, dan hanya menggunakan masker kain ala kadarnya. Padahal jika terpapar terlalu lama, asap belerang sangat tidak baik untuk tubuh Anda, dan tanpa sadar, bibir Anda akan terasa pahit karena asap belerang tidak tersaring.

Bisa Belajar Dari Penambang Belerang

Jika kamu mau terbuka dan tidak hanya sekedar berfoto saat berada di tempat wisata, dijamin wawasan kamu akan semakin luas. Karena tempat baru, orang baru, selalu memberikan perspektif berbeda dalam hidup.

Saat bertemu para penambang belerang di kawasan Ijen, jika sedang tidak sibuk, mereka tidak segan-segan untuk berbagi cerita, mulai dari turis yang menyebalkan, cerita hidup mereka yang mempertaruhkan nyawa setiap hari, atau yang seru, mendengar mereka berbicara di bahasa lokal.

Temui Kawah Tosca Hijau Yang Luar Biasa

Terlepas dari permasalahan yang dihadapi oleh tanggul di kawasan Ijen setiap hari, bagi anda yang ingin berwisata ke sana, anda akan menemukan pemandangan spektakuler dari kombinasi danau kawah ijen yang berwarna pirus, jalur pendakian yang panjang, dan pemandangan asap belerang yang selalu mengepul ke angkasa. Foto-foto dengan background kawah ijen dan asap belerangnya sangat instagramable dan menjadi menu wajib yang harus kamu lakukan jika berkunjung ke sana.

Mencoba Rute 3 Km Ke Kawah

Dari pos terakhir sebelum memasuki gerbang menuju puncak Ijen, Anda akan langsung disapu bersih dengan trek menanjak. Jaraknya kurang lebih 2 km, dengan kontur yang terus menanjak dan sedikit pasir dan kerikil. Setelah sampai di puncak, Anda bisa menuruni kawah hingga ke tepi danau dengan jarak kurang lebih 1 km menuruni bukit dengan jalur bebatuan yang cukup terjal.

Demikian ulasan tentang, 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mampir Ke Wisata Kawah Ijen. semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mampir Ke Wisata Kawah Ijen"